Posted by : Muhar Jan 21, 2014

Tuntunan Shalat: Bacaan Doa Qunut dan Artinya

Hukum membaca qunut

Dalam mazhab imam syafii, membaca doa qunut dalam shalat subuh merupakan sunnah ab’adh (sunnah muakkadah). Artinya jika ditinggalkan baik lupa atau sengaja shalat tetap sah dan tidak batal, namun diganti dengan sujud sahwi sebelum salam.

Dalil membaca qunut

Dalilnya, hadis yang diriwayatkan Hakim Abu Abdillah dari Anas ra: “bahwa rasulullah saw masih tetap membaca qunut dalam shalat subuh hingga baginda nabi wafat”  Berkata Hakim: hadis sahih.

Qunut juga dibaca pada shalat fardhu lainnya, namun hanya pada masa-masa tertentu saja, misalnya ketika masa perang atau masa-masa sulit bagi kaum muslimin. Qunut ini dinamakan Qunut Nazilah.

Qunut juga dibaca pada rakaat terakhir shalat witir pada setengah bulan terakhir bulan ramadhan.


Tata cara membaca doa qunut

Doa qunut dibaca setelah bangkit dari rukuk pada rakaat terakhir.
Dibaca secara sirr (tidak dikeraskan) jika shalat sendirian. Dan di jahr-kan (dikeraskan) jika menjadi imam dan makmum hanya mengaminkan saja (tidak ikut baca). Kecuali ketika di bagian shalawat, di situ makmum disunnah kan juga untuk membaca.

Lafaz doa qunut


اللهم اهدني في من هديت، وعافني في من عافيت، وتولني في من توليت، وبارك لي فيما أعطيت، وقني برحمتك شرّ ما قضيت، فإنك تقضي ولا يقضى عليك، وإنه لا يذل من واليت، ولا يعز من عاديت، تباركت ربنا وتعاليت، فلك الحمد على ما قضيت، أستغفرك وأتوب إليك , وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وبارك وسلم

Bacaan Doa Qunut Mp3




Artinya: Ya Allah Ya Tuhanku, tunjukilah aku sebagaimana mereka yang Engkau tunjuki (ke jalanmu), berikan aku kesehatan sebagaimana mereka yang Engkau berikan kesehatan, peliharalah aku sebagaimana mereka yang Engkau pelihara, berkatilah bagiku pada apa yang telah Engkau kurniakan,  jauhkan aku -dengan rahmatmu- dari bahaya yang telah Engkau tentukan, maka sesungguhnya Engkaulah yang menentukan bukan yang ditentukan, dan sesungguhnya sekali-kali tidak akan hina orang-orang yang Engkau pimpin/ bimbing, dan sekali-kali tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi, maha suci Engkau wahai tuhan kami dan maha tinggi, maka bagi-Mu lah segala pujian atas apa yang engkau tentukan/ takdirkan, aku mohon ampunan-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu, dan semoga Allah mencurahkan rahmat, berkah, dan salam atas baginda kami Muhammad, serta keluarga dan sahabatnya sekalian.

Semoga bermanfaat dan mohon komentar dan masukannya

Referesnsi: Al Azkar karya Imam Nawawi



Leave a Reply

Gunakan kolom komentar sebaik mungkin, Sobat boleh berkomentar, bertanya, menambahkan, memberi usulan, kritik dan saran, apa saja yang sobat rasa perlu. InsyaAllah akan kita diskusikan bersama. Semoga bermanfaat!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pageviews

- Copyright © DOA DAN ZIKIR - Powered by Blogger -